![]() |
Gambar tahapan penggembangan program |
Ukuran
kualitas sebuah program
•Sebuahprogram harus dapat mengerjakan tugasnya dengan benar.
•Dapat melakukan tugasnya secara cepat.
•Tidak menggunakan banyak sumber daya
(processor time, memory, disk capasity, network capacity).
•Program
mudahdibacadandimengerti.
•Proses pembuatan program selesai
tepat waktu.
•Adanya kesalahan tidak mempengaruhi
bagian program (error locality).
•Mudah pemeliharaannya.
•Sebuah program harus independent
dan tidak bergantung pada program lain.
•Mempunyai dokumentasi yang baik.
Struktur Pemrograman dengan
C
v C adalah bahasa pemrograman
terstruktur.
v Bahasa C terdiri dari fungsi-fungsi.
v Tidak ada perbedaan antara prosedur dengan fungsi.
v Setiap program C mempunyai satu fungsi dengan nama “main” (programutama).
v Program akan dieksekusi dimulai dari statement pertama pada fungsi
“main” tersebut.
v Huruf besar dengan huruf kecil diartikan berbeda (case-sensitive).
v Setiap perintah (statement) diakhiri dengan semi-colon (titikkoma(;)).
v Bagian Pendeklarasian merupakan bagian program untuk
mendefinisikan tipe data suatu variable, konstanta, serta fungsi dan prosedur
yang akan digunakan pada program
v Bagian Statement merupakan bagian program yang berisi perintah
yang akan dieksekusi / dijalankan.
Struktur
C/C++
Struktur Bahasa C
Ø Format penulisan fungsi secara umum:
#include<header_file>
deklarasi global_variabel;
return_type function_name(parameter)
{
deklarasi lokal_variabel;
statements;
return (value);
}
•Fungsi bisa diletakkan di atas atau di bawah fungsi
“main”.
•Fungsi yang tidak mengembalikan nilai tipe-nya
(return-type) adalah“void”.
Ø Format penulisan fungsi yang tidak mengembalikan nilai:
void
function_name (parameter_list)
{
deklarasi
lokal_variabel;
statements;
}
Elemen
Dasar Pemrograman
•Pengenal(variabel) dan Tipe Data
•Konstanta
•Operator
•Statement Input dan Output (I/O)
Pengenal
Dan Tipe Data
·
Pengenal
(identifier) merupakan nama yang biasa digunakan untuk suatu perubah (variable),
konstanta, fungsi, atau obyek lain yang didefinisikan oleh pemrogram.
Aturan yang
berlaku bagi suatu pengenal secara umum adalah:
1.Pengenal harus
diawali dengan huruf (A .. Z, a .. z)
2.Dapat berupa
huruf, angka (0 .. 9) dan karakter garis bawah(_)
3.Tidak boleh
menggunakan Spasi
4.Panjang
pengenal boleh terdiri lebih dari 32 karakter, akan tetapihanya 32
Karakter pertama yang dianggap berarti.
5.Case sensitive
atau non Case sensitive tergantung bhs pemrogramannya.
Misal C dan C++ adalah case sentitive
·
Data: Bahan mentah yang akan diolah menjadi
informasi sehingga dapat dipergunakan oleh user atau pemakai.Tipe data yang biasa
digunakan adalah:
1. Tipe Data Dasar: merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang
didefinisikan oleh bahasa pemrograman.Tipe data dasar dibagi menjadi lima
bagian yaitu:
a. TipeData Numerik: disetiap bahasa pemrograman dapat dipastikan ada tipe data
numerik yaitu menyimpan data berupa angka.
-Integer : merupakan bilangan bulat positif dan negatif
-Subrange: merupakan sebuah sub type dari tipe data integer
dan terdiri dari urutan nilai-nilai
integer dalam range yang tebatas.
-Floating-point Real : biasa disingkat dan disebut tipe data riil.
-Fixed-point Real: Bilangan fixwd-pont direpresentasikan dengan urutandigit
yang mempunyai panjang tetapdengan titik desimal diposisikan ditempat yang
diberikan antara dua digit.
-Lain-lain: Tipe data lainnyaa dalah bilangan kompleks dan bilangan
rational
b. Enumerasi: adalah suatu urutan list
dari nilai-nilai yang berbeda
c.
Boolean: tipe data untuk merepresentasikanTrue atauFalse.
d.
Character: tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.
e. Internationalization : disebutI18N
2. TipeData
Terstruktur: merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe
data
dasar, contohnya array, record, string, list dan file.
3. Tipe Data
didefinisikan oleh Pemakai: tipe data
Ini biasanya disebut Enumerasi.
4. TipeData Penunjuk:
contohtipedata penunjukadalahpointer.
Model Komputasi i: adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi.
Ada 3 dasar model komputasi:
1. Model Fungsional yaitu model perhitungan yang fungsional terdiri
dari satu set nilai-nilai, fungs idan operasi aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.
2. Model Logika terdiri dari suatu
set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
3 Model Imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang
mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status
tersebut.
SINTAKS: Aturan gramatikal/ komposisi suatu
program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain.
Contoh: Padapembuatanprogram
Pascal antara2 statement dipisahkan oleh; (titikkoma)
X:=1; X:=X+1;
SEMANTIK: Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaksdari bahasa
pemrograman tersebut.
Contoh: Pada pembuatan program C
intvector[10]
Artisemantiknyaakanmenyebabkanruangsebanyak10
PRAGMATIS: Menguraikan derajat tingkat sukses dengan suatu bahasa pemrograman
kepada model perhitungan dalam kegunaannya untuk para programer
BiayaPenggunaan
Ada
beberapa biaya yang dapat diukur yaitu:
1. Biaya Eksekusi
Program
2.
BiayaTranslasi/kompilasi Program
3. Biaya Penciptaan,
Testing dan Penggunaan Program
4. Biaya Pemeliharaan
Program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar