Ø
Program
adalah pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa
urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan
masalah.
Ø Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutan
langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Ø Programer
adalah Orang yang membuat sebuah program
Ø langkah-langkah
sistematis dalam pembuatan suatu program
1.
Mendefinisikan permasalahan
2.
Membuat rumusan untuk pemecahan masalah
3.
Implementasi
4. Menguji
coba dan membuat dokumentasi
Ø 3
faktor penting dalam bahasa pemrograman :
1. Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tatabahasanya).
2. Semantik adalah maksud yang terkandungdidalam statement tersebut.
3. Kebenaran logika adalah berhubungan benar tidaknya urutan statement.
1. Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tatabahasanya).
2. Semantik adalah maksud yang terkandungdidalam statement tersebut.
3. Kebenaran logika adalah berhubungan benar tidaknya urutan statement.
Ø Teknik-teknik
pemrograman diantaranya adalah :
v Pemrograman Procedural
v Pemrograman functional
v Pemrograman Terstruktur
v Pemrograman berbasis modul
v Pemrograman Berorientasi Objek
v Pemrograman Generic
v Pemrograman Deklaratif
Ø
Kriteria
Bahasa Pemrograman
a.
Clarity,
simplicity dan unity Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu
kombinasi yang membantu programer mengembangkan suatu algoritma.
b.
Orthogonality Merupakan suatu atribut yang
dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap
kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.
c.
Kewajaran untuk aplikasi Bahasa pemrograman
harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol dan syntax
yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.
d.
Mendukung
abstraksi Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk
membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi.
e.
Kemudahan
untuk verifikasi program Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program
akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan
Ø
Pengolahan data memerlukan beberapa aspek-aspek dasar yaitu:
a. Brainware (tenaga pelaksana) Contoh:SistemAnalis,Programmer,operator,TechnicalSupport,dll.
b.
Hardware (perangkat keras komputer) Contoh:CPU,Monitor,Keyboard,Harddisk,Diskdrive,dll.
c.
Software (perangkat lunak program komputer) Contoh:SistemSoftware,ApplicationSoftware,PackageSoftware,dll
Ø Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan
A.Machine Language
: Bahasa Pemrograman yang hanya dimengerti mesin (komputer). Dalam CPU hanya
mengenal 2 keadaaan berlawanan, yaitu:
-Bila tejadi kontak
(ada arus) bernilai1
-Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai
0
B.Low Level Language
(Bahasa tingkat rendah) : susahnya bahasa mesin, maka dibuat simbol yang mudah
diingat yaitu “Mnemonics” (Pembantu untuk
mengingat).
Contohnya : - A : Untuk
kata Add (Menambahkan)
- B:Untuk kata Substract
(mengurangi)
-Mov : Untuk kata Move
(Memindahkan)
Bahasa Pemrograman yang menerjemahkan Mnemonics
disebut Assembler
c.Middle Level
Language (Bahasa tingkat menengah)
Pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal
dalam penulisan pernyataan.
Contohnya : bahasa
C.
D.High
Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
Bahasa Pemrograman yang penulisan
pernyataannya mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman ini terbagi menjadi
2 yaitu :
1.Procedure Oriented Language
a.Scientific (untuk memecahkan
persoalan Matematis / perhitungan)
Misal:Algol,Fortran,Pascal,Basic
b.Bussines (untuk memecahkan
persoalan bidang bisnis).
Misal:Cobol,PL/1.
2.Problem Oriented Language
Misal
: RPG(Report Program Generator).
E.Object
Oriented Language (Bahasa berori entasi obyek) Bahasa pemrograman yang berorientasi pada obyek,
mengandung fungsi-fungsi untuk menyelesaikan
suatu permasalahan dan program tidak harus menulis secara detail semua pernyataannya,
tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yang dikehendaki saja
Contohnya
: Visual dBase, Visual FoxPro,Delphi, Visual C,dll.
III. Kerangka
Dasar Pemrograman












Storage
Tidak ada komentar:
Posting Komentar