Halaman

Selasa, 29 November 2011

Pengenalan Dasar Pemrograman


Ø  Program adalah pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah.
Ø  Pemrograman  adalah proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Ø  Programer adalah Orang yang membuat sebuah program
Ø  langkah-langkah sistematis dalam pembuatan suatu program
1.    Mendefinisikan permasalahan
2.    Membuat rumusan untuk pemecahan masalah
3.    Implementasi
4.    Menguji coba dan membuat dokumentasi
Ø  3 faktor penting dalam bahasa pemrograman :
1.  Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tatabahasanya).
2.  Semantik adalah maksud yang terkandungdidalam statement tersebut.
3.  Kebenaran logika adalah berhubungan benar tidaknya urutan statement.
Ø  Teknik-teknik pemrograman diantaranya adalah :
v  Pemrograman Procedural
v   Pemrograman functional
v   Pemrograman Terstruktur
v   Pemrograman berbasis modul
v   Pemrograman Berorientasi Objek
v   Pemrograman Generic
v   Pemrograman Deklaratif
Ø  Kriteria Bahasa Pemrograman
a.    Clarity, simplicity dan unity Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programer mengembangkan suatu algoritma.
b.     Orthogonality Merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.
c.     Kewajaran untuk aplikasi Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol dan syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.
d.    Mendukung abstraksi Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi.
e.    Kemudahan untuk verifikasi program Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan

Ø  Pengolahan data memerlukan beberapa aspek-aspek dasar yaitu:
a.    Brainware (tenaga pelaksana) Contoh:SistemAnalis,Programmer,operator,TechnicalSupport,dll.
b.    Hardware (perangkat keras komputer) Contoh:CPU,Monitor,Keyboard,Harddisk,Diskdrive,dll.
c.    Software (perangkat lunak program komputer) Contoh:SistemSoftware,ApplicationSoftware,PackageSoftware,dll
Ø  Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan
A.Machine Language : Bahasa Pemrograman yang hanya dimengerti mesin (komputer). Dalam CPU hanya mengenal 2 keadaaan berlawanan, yaitu:
-Bila tejadi kontak (ada arus) bernilai1
 -Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0
B.Low Level Language (Bahasa tingkat rendah) : susahnya bahasa mesin, maka dibuat simbol yang mudah diingat yaitu  “Mnemonics” (Pembantu untuk mengingat).
Contohnya : - A : Untuk kata Add (Menambahkan)
                        - B:Untuk kata Substract (mengurangi)
                        -Mov : Untuk kata Move (Memindahkan)
 Bahasa Pemrograman yang menerjemahkan Mnemonics disebut Assembler
c.Middle Level Language (Bahasa tingkat menengah)
Pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan.
Contohnya : bahasa C.
D.High Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
Bahasa Pemrograman yang penulisan pernyataannya mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman ini terbagi menjadi 2 yaitu :
1.Procedure Oriented Language
a.Scientific (untuk memecahkan persoalan Matematis / perhitungan)
Misal:Algol,Fortran,Pascal,Basic
b.Bussines (untuk memecahkan persoalan bidang bisnis).
Misal:Cobol,PL/1.
2.Problem Oriented Language
Misal : RPG(Report Program Generator).
E.Object Oriented Language (Bahasa berori entasi obyek) Bahasa pemrograman yang berorientasi pada obyek, mengandung  fungsi-fungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus menulis secara detail semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yang dikehendaki saja
Contohnya : Visual dBase, Visual FoxPro,Delphi, Visual C,dll.
III. Kerangka Dasar Pemrograman
  Originating              Input               Process                      Output            Distribution
                                   
                                   
                                                            Storage

Tidak ada komentar:

Posting Komentar